Xiaomi Bikin Rice Cooker untuk Kalahkan Jepang

Foto: XiaomiFoto: Xiaomi

Jakarta - Xiaomi belum lama ini memperkenalkan produk baru, bukan ponsel melainkan rice cooker. Ada dongeng menarik di balik pembuatan penanak nasi ala Xiaomi ini.

Seperti diberitakan, rice cooker berjulukan Mi Induction Heating Pressure Rice Cooker itu ialah produk pertama divisi Mi Ecosystem. Ia terkoneksi smartphone Xiaomi via aplikasi Mi Home untuk mengatur kematangan. Juga dapat mengidentifikasi jenis, merek dan darimana asal nasi.

Peluncuran rice cooker itu ternyata ditujukan untuk menghantam produk serupa asal Jepang yang diminati warga China. CEO Xiaomi, Lei Jun, menyatakan rice cooker asal Jepang ternyata memang bagus. Tapi ia yakin Xiaomi bisa menandinginya.

"Awal tahun lalu ada laporan banyak orang China pergi ke Jepang hanya untuk membeli rice cooker dan toilet. Awalnya kupikir mereka lebih senang produk asing. Namun kemudian saya menyadari bahwa produk Jepang memang bagus," kata Lei Jun.

"Di China, kami memasak nasi hingga matang. Sedangkan di Jepang, mereka memasak nasi hingga bagus," tambah Lei  yang detikINET kutip dari Quartz. Maka rice cooker buatan Xiaomi, yang dijual USD 150, dibutuhkan bersaing dengan produk Jepang.

Di bawah komando Lei, Xiaomi memang ingin membangun reputasi sebagai perusahaan elektronik China yang handal. Mampu bersaing dengan nama besar menyerupai Samsung atau Sony.

"Jika Anda melihat perusahaan China secara keseluruhan, ada persepsi kalau kualitas mereka rendah. Makara bila bisa menawarkan pada dunia bahwa produk mereka cukup bagus, maka bisa melawan persepsi itu," ucap Bryan Ma, analis di IDC.

Pasar rice cooker sendiri memang lumayan seksi. Di tahun lalu, konsumen China diperkirakan menghabiskan USD 1,6 miliar untuk membeli penanak nasi, berdasarkan riset dari Euromonitor.


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel