Smartphone Melempem Picu Xiaomi Bikin Drone

Foto: XiaomiFoto: Xiaomi

Jakarta - Adalah smartphone yang melesatkan nama Xiaomi, dengan ciri harga murah dipadu fitur dan kualitas lumayan. Namun belakangan, performa Xiaomi tak sama trengginas dibanding dulu sehingga tak salah kalau mereka menyiapkan beragam bisnis baru. Tak terkecuali drone.

"Bisnis inti Xiaomi ialah smartphone tengah melambat, jadi perusahaan ini berekspansi ke pasar gres yang sedang tumbuh termasuk gelang kesehatan, rice cooker dan sekarang drone," ujar Neil Mawston, analis di Strategy Analytics yang detikINET kutip dari BBC.

Tahun lalu, Xiaomi mencanangkan target menjual 100 juta unit smartphone. Namun target itu gagal tercapai, mereka menjual 'hanya' 71 juta unit. Kemudian berdasar riset IDC untuk tiga bulan pertama tahun 2016, Xiaomi terlempar dari 5 besar produsen smartphone dunia, digusur Oppo dan Vivo.

Keluarnya Mi Drone jadi amunisi gres Xiaomi untuk menggairahkan bisnisnya. Namun untuk dikala ini, pasar drone memang masih terbatas sehingga belum akan menjadi bisnis yang besar dalam waktu dekat.

"Kupikir mungkin penggunaan drone masih terbatas di keseharian. Bisnis drone tentu tidak akan menyaingi sektor smartphone, namun mereka memiliki potensi untuk mencapai penjualan ibarat kamera DSLR," kata Tom Morrod, analis di IHS Technology.

Ya, untuk jangka panjang, drone berpotensi menjadi bisnis yang menggiurkan. Apalagi jikalau regulator sudah mengeluarkan aturan simpulan mengenai penggunaan drone.

"Ada banyak potensi komersialisasi drone jikalau regulator sudah menyetujuinya. Makara mungkin ini bisnis untuk jangka panjang. Ketika Amazon, DHL dan perusahaan lain mulai menggunakan drone, mampu saja mereka membelinya dari Xiaomi," pungkas Tom.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel