Ponsel Asia Mendominasi Dunia

Foto: internetFoto: internet

Jakarta - Meski Apple, yang merupakan produsen Amerika Serikat kerap berada di jajaran teratas ponsel yang paling laku, nyatanya hal tersebut tak menghentikan Asia mendominasi penjualan dunia.

Betapa tidak, di posisi teratas saja sudah ada Samsung asal Korea Selatan yang berdasarkan laporan Gartner berhasil mencetak penjualan ponsel sebanyak 81,1 juta unit di kuartal I 2016 ini, atau menguasai sekitar 23,2% pangsa pasar ponsel dunia. Sedangkan Apple yang ada di posisi kedua harus puas dengan total penjualan mencapai 60 juta unit.

Di bawah Apple, produsen China benar-benar mendominasi. Dari posisi ketiga hingga keenam sepenuhnya diisi oleh vendor-vendor asal Tiongkok, ialah Huawei, Oppo, Xiaomi dan Vivo. Malah menurut data riset IC Insight, hingga urutan kesepuluh tetap didominasi perusahaan China.

Tercatat ada ZTE, Lenovo, TZL dan Meizu yang menempati peringkat ketujuh hingga sepuluh. Total penjualan kedelapan produsen ponsel China dikala digabung seluruhnya sukses membukukan angka 111 juta unit ponsel yang terjual sepanjang kuartal I 2016.

Meski memang sebagian besar terjual di China yang marketnya besar, data ini sudah cukup menandakan jikalau produsen ponsel Asia sudah benar-benar mendominasi secara global. Menurut Gartner, secara total penjualan ponsel di kuartal I 2016 mencetak angka 349 juta unit.

Dibanding periode yang sama tahun 2015 lalu, raihan tersebut menyampaikan peningkatan sebesar 3,9%. Demikian menyerupai detikINET kutip dari Forbes, Rabu (15/6/2016).

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel