Apple Disalip Oppo Xiaomi

Foto: detikINET/afrFoto: detikINET/afr

Jakarta - Kedigdayaan Apple di pasar China mulai runtuh. Posisinya sebagai penguasa pasar tergeser oleh Oppo dan Xiaomi.

Laporan Counter Point menyampaikan pemasaran iPhone di Negeri Panda itu kian menurun. Kondisi tersebut membuat posisi Apple merosot ke posisi lima.

Hingga Mei lalu, pangsa pasar Apple turun menjadi 10,8%. Padahal di periode yang sama tahun lalu, Apple memiliki market share sebesar 12%.

Pangsa pasar Apple berhasil digerogoti oleh vendor lokal China. Bila ditotal, vendor China kini menguasai 53% pasar.

Dari jumlah tersebut, Huawei menguasai 17,3% pangsa pasar. Raihan tersebut membuatnya berada di posisi teratas. Kemudian ada Vivo, Oppo dan Xiaomi yang masuk dalam daftar empat besar.

Berdasar catatan Counter Point, Oppo yang mengalami peningkatan tajam dengan market share 11%. Mereka berhasil mendongkrak market share dua kali lipat dari periode sebelumnya.

Apple sendiri telah mengonfirmasi bahwa pihaknya telah berjuang cukup berat di pasar China. Dikutip dari Bloomberg, Sabtu (9/7/2016), selama kuartal pertama 2016, perusahaan berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu mengalami penurunan pendapatan sebesar 26% dibanding tahun sebelumnya.

Perusahaan besutan Steve Jobs itu mengaku mengalami tekanan yang cukup jago di China. Mereka harus menghadapi tuntutan hak cipta yang berdampak pada penjualan iPhone 6S dan 6S Plus.

Belum lagi layanan iTunes Movies dan iBook turut diblokir. Tak hingga di situ, App Store dan layanan lain pun kini mulai diatur oleh pemerintah China.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel