Ambisi LeEco-CoolPad Goyang Dominasi Oppo cs

Pendiri LeEco Jia Yueting (Foto: LeEco)Pendiri LeEco Jia Yueting (Foto: LeEco)

Jakarta - Jika berbicara vendor smartphone China, kira-kira ada tiga nama yang paling menonjol ketika ini, yakni Oppo, Huawei dan Xiaomi. Nah, tiga nama itulah yang jadi incaran duet LeEco dan CoolPad.

Ya, LeEco dan CoolPad ketika ini memang tengah membangun basis kekuatan gres dari Negeri Tirai Bambu. Hal ini setelah LeEco mengakuisisi 11% saham Coolpad senilai USD 135 juta dan menambahkan pembelian 17,9% saham sebesar USD 353 juta pada bulan Juni 2016. Dengan total saham 28,9% di Coolpad, LeEco menjadi pemegang saham pengendali tunggal perusahaan.

Dominasi LeEco di Coolpad pun ditegaskan dengan masuknya Jia Yueting, pendiri sekaligus CEO LeEco untuk mengisi dingklik Ketua Dewan Komisaris dan Komite Nominasi CoolPad.

Dengan Kolaborasi ini, LeEco dan Coolpad berharap mampu mendobrak pasar global ponsel pandai yang dianggapnua semakin jenuh dengan perkiraan penjualan tahun 2016 ini mencapai 50-60 juta unit.

Target lain dari duet ini ialah masuk ke posisi empat pemain terbesar di industri China di antara Oppo, Huawei dan Xiaomi. Dengan pede, LeEco dan Coolpad sudah mematok target tinggi yakni menjadi pemasok ponsel pandai nomor wahid pada tahun 2017 dengan penjualan tahunan sebesar 100 juta unit ponsel.

"Dengan kapasitas teknologi Coolpad yang berpengaruh dan basis pengguna yang luas, LeEco dapat merevolusi pasar smartphone dengan model bisnis ekosistem yang unik, dimulai dari ponsel pandai sampai kendaraan beroda empat listrik saling terintegrasi dengan banyak sekali layanan yang dimilikinya," sebut LeEco dalam pernyataan resminya yang diterima detikINET, Selasa (9/8/2016).

Selain itu, teknologi dan paten yang dimiliki Coolpad diyakini dapat mempercepat ekspansi LeEco ke pasar global, bersamaan dengan ekosistem LeEco 'platform, konten, perangkat keras dan aplikasi' yang akan tersedia untuk 100 juta pengguna Coolpad.

Pendiri LeEco yang juga Komisaris Utama Coolpad Jia Yueting mengatakan, LeEco dan Coolpad akan mengadopsi seni administrasi dual merek, dimana keduanya akan ada berdampingan dengan menargetkan segmen pasar berbeda.

Keduanya juga akan berkolaborasi secara ekstensif dalam mengembangkan sumber daya, pengembangan usaha serta penelitian teknologi. Strategi dual brand juga akan berlaku untuk LeEco dan Vizio untuk pengembangan ekosistem TV, mengikuti akuisisi sebesar USD 2 miliar pada produsen perintis TV Amerika tersebut di tanggal 26 Juli yang lalu.

Selain besar di China, kedua merek ini mengklaim telah memiliki kekuatan pasar di India, dimana Coolpad sudah dikenal di pangsa pasar ponsel pintar, dan LeEco disambut baik oleh pasar ponsel pandai dan TV pandai seiring dengan besarnya investasi yang dilakukan di India.

Sejak masuk ke pasar ponsel pandai April lalu, LeEco mengklaim telah mendobrak industri dengan model bisnis ekosistemnya yang berbeda, dimana LeEco mengintegrasikan banyak sekali perangkat yang dimiliki dengan ketersediaan konten yang beragam dan layanan internet.

LeEco telah menjual lebih dari 2,3 juta unit perangkat yang disebutnya sebagai Superphones di China pada bulan Juni ini, meningkat sebesar 0,3 juta dari bulan sebelumnya. LeEco juga mengklaim berhasil menjual 700.000 unit di India semenjak ekspansi pasar enam bulan lalu dan mencatat beberapa rekor penjualan untuk industri di Negeri Bollywood.
Pangsa pasar smartphone China.

Pangsa pasar smartphone di China sendiri ketika ini gres saja berganti penguasa, dari sebelumnya Huawei kini diambil alih oleh Oppo.

Per Juni 2016 lalu pangsa pasar Oppo di Negeri TIrai Bambu mencapai 23%, diikuti oleh Huawei dengan 17,4% dan Vivo 12%. Sementara Apple berada jauh di bawahnya dengan pangsa pasar hanya 9%, dan Xiaomi hanya 6,8%.

Yang menarik dari data ini ialah pertumbuhan Oppo yang sangat pesat semenjak Juni 2014 lalu. Saat itu Oppo hanya mempunyai pangsa pasar sebesar 2% di China. Angka tersebut melejit pada Juni 2015 menjadi 6,1%, dan kini menjadi 23%, berdasarkan hasil riset oleh Counterpoint.

Patut ditunggu bagaimana langkah LeEco dan Coolpad untuk merealisasikan misinya menggoyang dominasi Oppo cs di jagat smartphone.

Dimana hal itu mungkin mampu terlihat ketika peluncuran produk pertama dari kolaborasi LeEco dan Coolpad yang dirancang untuk generasi muda pada 16 Agustus mendatang di Beijing.

Sumber detik.com
Disqus Comments
Kelebihan MAXSI RELOAD

TRX via SMS, Jabber, Telegram, dan Via Aplikasi Android. Pengisisan pulsa dan produk lainya bsa melalui, SMS all operator, Jabber, & Telegram.
Hp Andorid bisa menggunakan Aplikasi Trx Ku di Play Store.
Dengan aplikasi “TRX KU” Transaksi jadi lebih mudah murah cepat dan hemat karena tidak memakan biaya SMS, koneksi dengan internet jadi tidak terganggu pending seperti via sms.

Bisa Di Downlinekan

Bisa Markup harga per produk suksa-suka, komisi tanpa batasan, tapi d sarankan markup 100 200 saja. sedikit tapi pasti, drpada banyak tapi tidak bertahan lama.

Ada webreport

Untuk melihat detil transaksi dan update harga secara realtime, trx via web, rekapan transaksi, Lihat History Transaksi Downline dll, dengan nama domain yg bersifat general MASTER FRIENDLY

Deposit Otomatis Via bank BCA BRI MANDIRI dan BNI

Pengsian saldo Otomatis tanpa konfirmasi. transfer sesui tiket, maka akan otomatis masuk jadi saldo, standby 24 jam mengikuti jadwal online bank.

Copyright © 2017 MAXsi Reload