Apple yang Melempem di Paruh Awal 2016

Foto: Gettyimages - Justin SullivanFoto: Gettyimages - Justin Sullivan

Jakarta - Laporan dari Gartner menunjukan jika pangsa pasar Apple mulai tergerus. Produsen Cupertino, Amerika Serikat ini semakin tergerus oleh kedigdayaan Android.

Gartner mencatatkan jika pangsa pasar iOS kini dilaporkan menurun. iOS yang di kuartal II 2015 berhasil mengamankan 14,6% pangsa pasar, sekarang harus rela tergerus menjadi hanya 12,9% saja di kuartal II 2016.

Analis lantas berasumsi jika Apple sedikit demi sedikit mulai kehilangan penggemar. Hal ini berbalik dengan Android yang pangsa pasarnya meningkat jadi 86,2% di laporan kuartal II 2016 ini. Di periode yang sama tahun lalu, porsi penguasaan Android berada di angka 82,2%.

"Google sangat cepat melaksanakan pengembangan terhadap Android. Sehingga vendor-vendor yang mengandalkan OS tersebut selalu berada di puncak penggunaan teknologi untuk perangkatnya," kata Direktur Riset Gartner Robarta Cozza, menyerupai detikINET kutip dari GSM Arena.

Kondisi sama berlaku berdasarkan kategori produsen. Apple yang saat kuartal II 2015 berhasil menggenggam pasar sebesar 14,6%, pangsa pasarnya melorot jadi 12,9% di kuartal II 2016 ini. Sementara pesaing terdekatnya Samsung mengalami peningkatan dari yang tadinya 21,8%, jadi 22,3%.

Analis bilang naiknya pangsa pasar Samsung lantaran ditunjang oleh Galaxy S7 dan S7 Edge yang terbilang moncer penjualannya. Sedangkan di sisi lainnya, Apple justru mengalami kejenuhan pasar alasannya yakni konsumen cenderung menantikan iPhone generasi selanjutnya.

Diprediksi pangsa pasar Apple gres akan mengalami peningkatan di kuartal III 2016 ini, saat penerus iPhone 6S diluncurkan.

Secara keseluruhan, Gartner memaparkan jika ada lima besar vendor global yang mendominasi pasar ponsel dunia. Setelah Samsung dan Apple yang menempati posisi satu dan dua, Huawei mengisi peringkat tiga yang kemudian disusul oleh Oppo dan Xiaomi di posisi empat dan lima.

Kelima vendor ponsel ini disebut menguasai sebesar 54% pangsa pasar ponsel secara global.


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel