Xiaomi Dituding Nyontek Lagi

CEO Xiaomi Lei Jun. Foto: Getty ImagesCEO Xiaomi Lei Jun. Foto: Getty Images

Jakarta - Xiaomi kadang dituding menjiplak desain iPhone di jajaran smartphone buatannya. Kini perusahaan teknologi lain turut menuduh Xiaomi memalsukan mentah-mentah desain produknya.

Produsen dimaksud yaitu Jawbone, perusahaan audio dan perangkat wearable yang berbasis di Amerika Serikat. Salah satu petinggi Jawbone menilai speaker buatan Xiaomi memalsukan bikinan Jawbone.

"Sungguh menyedihkan Xiaomi, menjiplak Jawbone Mini Jambox. Menyedihkan," begitu tulis Chief Creative Officer Jawbone, Yves Behar di akun Twitter miliknya.

Dikutip detikINET dari Digital Trends, produk Xiaomi yang dipermasalahkan yaitu speaker bluetooth berjulukan Mi Square Box. Dilihat sekilas, speaker mini buatan Xiaomi itu memang wujud dan desainnya begitu mirip dengan Mini Jambox buatan Jawbone.
Speaker Jawbone vs Xiaomi

Mi Square Box diperkenalkan tahun lalu dan dijual di China sekitar USD 25. Sedangkan Mini Jambox dibanderol jauh lebih mahal, yakni melampaui USD 100. Belum ada jawaban dari Xiaomi mengenai tudingan ini.

Sebelumnya, bos desain Apple Jonathan Ive pernah mengungkapkan kekesalannya pada Xiaomi alasannya dinilainya sebagai peniru. Contohnya Xiaomi Mi 4 yang disebut banyak pihak mempunyai desain yang ibarat iPhone 5.

"Aku tidak menganggapnya sebagai sanjungan. Aku lebih melihatnya mirip pencurian. Menurutku mereka itu maling yang malas, dan saya tidak suka akan hal itu," ujar Ive

Belum lama ini, Xiaomi juga merilis laptop super tipis berjulukan Mi Notebook Air. Dilihat sekilas, komputer jinjing itu tak ubahnya Macbook Air besutan Apple.


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel