iPhone 8 Mau Meniru Xiaomi Mi 5S?

Foto: detikINET - Anggoro Suryo JatiFoto: detikINET - Anggoro Suryo Jati

Jakarta - Ponsel Mi 5S dari Xiaomi mengusung sensor sidik jari yang ditempatkan di bawah kaca, bukan di permukaan ibarat yang selama ini diterapkan banyak vendor. Teknologi tersebut kabarnya akan pula diikuti oleh iPhone 8 atau apapun namanya nanti.

Hal tersebut diketahui dari dokumen yang dikeluarkan oleh tubuh paten dan merek dagang Amerika Serikat. Perusahaan yang dikomandoi Tim Cook itu telah mengajukan paten tombol home virtual.

Di tombol tersebut, Apple mengintegrasikan dengan Touch ID. Untuk itu mereka membenamkan sensor sidik jari yang menyatu dengan layar. Agar akurat, Apple bakal mengusung lensa elektrostatik untuk membaca rujukan sidik jari lebih tepat.

Melihat paten ini, kemungkinan perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu akan membuat ponselnya berdesain layar penuh. Ini ibarat yang telah dirumorkan beberapa waktu lalu beredar yang mengatakan iPhone 8 tidak memiliki tombol home fisik lagi.

iPhone 8 Mau Meniru Xiaomi Mi 5S?

Dan langkah ini sudah terlihat ketika iPhone 7 dirilis di mana Apple tidak lagi mengusung tombol home fisik. Perusahaan besutan Steve Jobs itu menggantikannya dengan tombol yang ibarat tombol kapasitif di Android.

Terlepas dari itu, hadirnya sensor di bawah layar sebelumnya telah diusung Xiaomi. Mereka menggunakan teknologi yang disebut ultrasonic fingerprint besutan Qualcomm.

Teknologi tersebut diklaim akurat dalam mengenali sidik jari, meski kondisinya berdebu atau berminyak. Lewat gelombang yang dipancarkan eksklusif ke sidik jari, teknologi ini akan memindai secara detail permukaan dan rujukan sidik jari. Ke depan, teknologi ini akan banyak diterapkan oleh sejumlah smartphone.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel