Kantor Pusat Xiaomi, Seperti Apa Sih?

Foto: detikINET/Muhammad Alif GoenawanFoto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan

Jakarta - Menempuh jarak ribuan kilometer dari Jakarta ke Beijing, tak lengkap rasanya kalau tidak menyambangi kantor sentra Xiaomi. Beruntung, detikINET bersama dengan rekan media dari banyak sekali negara diajak berkeliling di dalam kantor yang terletak di distrik Haidian, Zhongguancun, Beijing, China.

Sekilas, kantor Xiaomi tak jauh berbeda dengan kantor pada umumnya. Terdapat logo Mi besar sebagai simbol bahwa ini merupakan markas Xiaomi.

Penjagaan di kantor Xiaomi terbilang ketat. Sebelum memasuki area perkantoran, kami diberikan gambar tempel yang dipasang di tubuh dengan maksud sebagai tanda pengenal selama berkeliling kantor.

Office tour pun dimulai dari lantai pertama. Dari apa yang dipaparkan perwakilan Xiaomi selama menemani kami berkeliling, lantai ini diisi oleh tim legal dan bab administrasi.

Selain karyawan, lantai ini juga dihuni oleh Wang Cai, anjing yang menjadi peliharaan semua karyawan Xiaomi. Karenanya, sebuah rumah mungil dengan hiasan pun dibangun sebagai daerah Wang Cai beristirahat.

Nama Wang Cai sendiri diambil dari bahasa China yang artinya beruntung. Sayang, saat kami tiba di sana Wang Cai sedang tidak berada di tempatnya.

Kandang Wang Cai.Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Kandang Wang Cai.


Selain rumah Wang Cai, adapula rumah-rumah mungil yang mampu dipakai oleh karyawan untuk bersantai atau berembuk membicarakan pekerjaan. Tersedia dingklik dan meja biar karyawan mampu bersantai sembari menyeruput secangkir teh atau kopi.

Lanjut ke lantai dua, di lantai ini dihuni oleh tim customer service. Dari total 8.000 karyawan yang ada, hampir sebagian besar diisi oleh posisi customer service.

"Xiaomi sangat peduli terhadap konsumennya, Maka dari itu, kami ingin biar keluhan-keluhan yang disampaikan oleh konsumen mampu ditangani dengan baik. Karenanya kami memperbanyak tim customer service," ujar perwakilan Xiaomi saat mengajak berkeliling, Rabu (26/10/2016).

Agar karyawan tidak merasa tegang selama bekerja, Xiaomi menyediakan hiburan berupa meja biliard yang letaknya bersahabat dengan jendela gedung. Tentu saja, karyawan mampu memainkannya di luar jam kerja.

Para karyawan di kantor Xiaomi.Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Para karyawan di kantor Xiaomi.


Menaiki ke lantai tiga, kami berada di lantai yang dihuni oleh tim marketing global, humas, B2B. Di lantai ini pula, terdapat ruangan kerja milik Vice President International Xiaomi, Hugo Barra.

Sayang, kami tidak diperbolehkan untuk mengabadikan ruang kerja Barra. Sebagai gambaran, ruang kerja Barra diisi oleh bermacam pernak-pernik ikon Xiaomi, yakni Mi Bunny. Selain hiasan, mantan administrator Google ini juga memiliki beragam perangkat teknologi, menyerupai salah satunya Oculus Rift.

Dari tiga lantai yang dikunjungi, yang paling menarik yakni lantai dua. Di lantai ini terdapat sebuah perosotan yang menghubungkan dengan lantai satu.

Jadi, selain mampu menggunakan tangga, karyawan di lantai ini juga mampu eksklusif turun dengan cara berseluncur menggunakan prosotan. Sejumlah awak media pun ditantang untuk bersluncur.

Perosotan di kantor Xiaomi.Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Perosotan di kantor Xiaomi.


Setelah berkeliling di tiga lantai, tur pun diakhiri dengan menuruni lantai B1 dan B2, daerah kantin karyawan yang bersih dan luas.

Kantin ini melayani kebutuhan makanan para karyawan, mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam. Berbagai hidangan disediakan, mulai dari jenis mie, nasi, hingga kudapan kecil. Di daerah ini, kami kembali bertemu dengan Hugo Barra.

Simak foto-foto di markas sentra Xiaomi pada link berikut.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel