Snapdragon 830 Mulai Diuji

Foto: internetFoto: internet

Jakarta - Setelah kabar soal produksinya yang dipercayakan pada Samsung, informasi mengenai Snapdragon 830 kembali muncul. Kali ini malah dibilang prosesor tersebut telah memasuki tahap pengujian.

Hal itu didasarkan pada sebuah dokumen ekspor-impor yang terdaftar di Zauba atau tubuh bea cukai di India. Di situ tertulis prosesor dengan tipe MSM8998, berikut spesifikasi layaknya sebuah ponsel. Disinyalir MSM8998 terbenam dalam sebuah ponsel prototipe.

Kalau mengacu pada kabar yang beredar sebelumnya, MSM8998 merupakan nama lain dari Snapdragon 830. Menariknya, dalam daftarnya tercatat bila MSM8998 diimpor dengan status Lab Equipment. Artinya, menyerupai detikINET kutip PhoneArena, Selasa (11/10/2016), prosesor ini dikirim dengan tujuan pengujian.

Yang jadi pertanyaan, kenapa India yang dipilih untuk pengujian? Jangan salah kira, alasannya yaitu ternyata di negeri Bollywood ini bangun salah satu kemudahan pengembangan milik Qualcomm. Adapun prosesor pertama yang dilahirkan di sini yaitu Snapdragon 615 generasi kedua yang pertama kali hadir di Xiaomi Mi 4i.

Tapi dibandingkan pendahulunya, pengembangan Snapdragon 830 memang terkesan digeber. Ada yang bilang bila ini ada kaitannya dengan dipercepatnya pengembangan Galaxy S8. Terutama alasannya yaitu alasan duduk perkara yang dialami oleh Galaxy Note 7.

Kembali ke Snapdragon 830, prototipe yang mengusung prosesor ini dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 GB bila mengacu pada daftar Zauba. Banderol harganya yang tak main-main, tiap unitnya tercatat dihargai senilai USD 1.541 atau setara dengan Rp 20 juta (USD 1 = Rp 12.987).

Yang menarik lagi, Snapdragon 830 katanya bukan satu-satunya prosesor yang disiapkan Qualcomm. Kabarnya raksasa chip mobile ini juga tengah menyiapkan Snapdragon 835 sebagai varian yang lebih tinggi lagi, namun dengan basis chip yang sama yakni MSM8998. Kira-kira posisinya jadi menyerupai Snapdragon 820 dan Snapdragon 821.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel