Xiaomi Tak Ambil Untung dari Jualan Ponsel

Hugo Barra Foto: Gettyimages - Justin SullivanHugo Barra Foto: Gettyimages - Justin Sullivan

Jakarta - Penurunan penjualan ponsel yang cukup besar ternyata tak mempunyai dampak jago pada Xiaomi, pasalnya mereka memang tak mengambil untung dari jualan ponsel.

Ini yaitu tanggapan dari Xiaomi ketika ditanya mengenai dampak penurunan penjualan ponselnya. Pada 2015 lalu misalnya, Xiaomi gagal mencapai target penjualan dengan selisih sebesar 12%, sementara pada Q3 2016, penjualannya merosot 45%.

"Pada dasarnya kami menyerupai menunjukkan (ponsel) ke anda tanpa menghasilkan uang. Kami mampu menjual 10 miliar ponsel dan kami tak akan menghasilkan keuntungan sepeser pun," ujar Hugo Barra, VP Xiaomi Global.

Lebih lanjut, Barra menyebut jikalau model bisnis perusahaannya itu bukan berbasis pada uang yang dihasilkan dari penjualan ponsel, dan merasa tak perlu mencari dana embel-embel dari investor.

Pasalnya, pemasukan Xiaomi tetap tumbuh dari penjualan perangkat rumah pandai dan pemasukan dari ekosistem software yang mereka buat, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Sabtu (26/11/2016).

Perangkat rumah pandai yang paling menghasilkan bagi Xiaomi antara lain yaitu pembersih air dan udara, dan juga penanak nasi. April lalu, VP Xiaomi Liu De menyebut pihaknya menargetkan angka penjualan perangkat rumah pintarnya akan mencapai USD 1,5 miliar untuk 2017 ini.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel