Apple Taklukkan Samsung di Musim Liburan

Foto: detikINET - Anggoro Suryo JatiFoto: detikINET - Anggoro Suryo Jati

Jakarta - Selama trend liburan simpulan tahun 2016 ini, sekitar 44% ponsel yang diaktivasi yaitu iPhone, sementara Samsung harus puas dengan angka aktivasi sebesar 21%.

Dalam hasil penelitian yang dilakukan perusahaan analitik aplikasi mobile Flurry, kebanyakan orang memilih iPhone sebagai hadiah, ketimbang ponsel Samsung, yang pertumbuhannya hanya 1% dibanding trend liburan 2015 lalu, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (28/12/2016).

Selain dua merk itu, ponsel-ponsel merk lain hanya kebagian angka aktivasi yang jauh lebih kecil. Huawei contohnya, yang berada di posisi ke-3 dengan persentase aktivasi sebesar 3%, sementara sisanya yaitu LG, Amazon, Oppo, Xiaomi dan Motorola masing-masing sebesar 2%.

Ponsel dengan layar berukuran sedang jadi gadget populer di trend liburan 2016. Ponsel tersebut antara lain iPhone 7 yang punya layar 4,7 inch dan Galaxy S7 dengan layar 5,1 inch, sekalipun popularitasnya menurun dibanding tahun 2015, dari 54% menjadi 45%.

Penurunan itu disebabkan oleh kehadiran ponsel dengan layar besar ibarat iPhone 7 Plus, yang memakan penjualan ponsel dengan layar lebih kecil. Riset ini juga mencatat, terjadi peningkatan aktivasi phablet menjadi 37% dibanding 27% pada 2015 selama liburan Natal dan jelang Tahun Baru.

Data-data ini diambil dari jumlah aktivasi aplikasi selama trend liburan simpulan tahun 2016 oleh Flurry. Namun menurut mereka, kebanyakan konsumen di pasar yang sudah matang ibarat Amerika Serikat dan China, sudah tak lagi tertarik pada ponsel anyar karena tak adanya fitur menarik. Mereka lebih memilih bertahan pada ponsel lamanya.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel