Xiaomi Tak Cuma Hugo Barra

Foto: Senior Vice President Xiaomi, Xiang Wang (detikINET/Agus Tri Haryanto)Foto: Senior Vice President Xiaomi, Xiang Wang (detikINET/Agus Tri Haryanto)

Jakarta - Sosok Hugo Barra cukup melekat dengan merek produsen smartphone Xiaomi yang berperan sebagai Vice President of International. Kini, Barra telah berlabuh di Facebook dan bagaimana nasib Xiaomi ke depannya?

Senior Vice President Xiaomi, Xiang Wang, secara lugas mengatakan bahwa Xiaomi tak hanya Hugo Barra saja, melainkan satu tim yang berafiliasi untuk membangun startup ponsel pintar.

Meski selama menjadi adegan dari Xiaomi selama kurang lebih 3,5 tahun, Barra cukup menunjukkan kontribusi perusahaan asal China itu untuk memulai bisnis di India, namun hengkangnya Barra semenjak bulan lalu tak kuat pada Xiaomi.

"Saya rasa tidak ada perubahan signifikan sebab kami mengerjakannya sebagai tim di India dan seluruh dunia," tegas Wang dalam ditemui detikINET, beberapa waktu lalu usai peluncuran Redmi 4A di JW Marriot, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta.

Antisipasi telah dilakukan oleh Xiaomi untuk menambal kekosongan yang ditinggalkan Barra ke Facebook, termasuk mengamankan pasar Indonesia dari genggaman Xiaomi.

Saat ini Xiaomi telah resmi memulai produksi banyak sekali macam smartphone kategori 4G mereka di Indonesia dengan bermitra Erajaya, Sat Nusapersada, dan Tata Sarana Mandiri. Redmi 4A merupakan ponsel 4G pertama Xiaomi yang dirakit di Indonesia.

"Country manager akan mendorong pertumbuhan di Indonesia. Rasanya tak ada pengaruh signifikan ke Xiaomi pasca hengkangnya Hugo. Kami integrasikan marketing tim di seluruh dunia," tutur Wang.

Peran Barra telah diambil oleh Wang. Melalui informasi yang diterima detikINET, Wang bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2015, bertugas mengepalai bidang rantai pasok, serta hak kekayaan intelektual. Wang dikatakan sarat pengalaman di industri semikonduktor dan komunikasi selama 20 tahun, di mana 13 tahun ia habiskan berkarir di Qualcomm.

Wang pernah menjabat Senior Vice President serta President of Qualcomm di China. Di sana Wang berperan membantu perusahaan melaksanakan ekspansi dan memperdalam relasi di Negeri Tirai Bambu.

Selain itu, Wang yang lulusan Beijing University of Technology dengan gelar sarjana di bidang teknik elektro ini juga pernah menjabat sebagai Senior Management di bidang pemasaran dan penjualan di beberapa perusahaan terkemukan, menyerupai Motorola dan Lucent/Agere.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel