SIM Virtual bakal Jadi Tren Masa Depan di Indonesia

Foto: Rachman HaryantoFoto: Rachman Haryanto

Jakarta - Xiaomi menyediakan layanan kartu SIM virtual yang dinamakan Mi Roaming. Hal itu membuat pengguna tak perlu repot mengganti kartu SIM dikala melaksanakan roaming ke luar negeri. Kartu SIM virtual ini diprediksi akan jadi tren di masa depan, termasuk Indonesia.

Prediksi itu keluar dari verbal Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Pada awalnya, menteri yang erat disapa Chief RA itu belum tahu soal Xiaomi telah mengumumkan Mi Roaming hadir di Indonesia.

"Nanti aku cek, alasannya SIM card itu terkait operator yang merupakan identifikasi. Kalau SIM card yang penting itu IMEI, bila virtual berarti itu IMEI bukan fisik," ucap Rudiantara menanggapi di Kantor Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Dikatakan dia, sejumlah bazar teknologi telah memajang teknologi kartu SIM virtual. Dan, teknologi tersebut akan menjadi tren di masa mendatang.

"Menurut saya, nanti cenderung IMEI akan virtual, itu harus kita hadapi. Malah bila virtual itu ongkos operator jadi lebih murah, alasannya nggak ada fisik cuma nomornya saja. Nomor itu lebih penting alasannya harus teregistrasi. Virtual IMEI sesuatu yang akan jadi tren," tuturnya.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, menurut Rudiantara, hal itu tak mampu dihindarkan. Chief RA juga mengibaratkan kartu SIM fisik yang berubah jadi virtual ini serupa dengan interkoneksi yang mampu terganti.

"Itu tak mampu dihindarkan, hanya problem waktu, sama mirip interkoneksi. Halah, ngapain bicara interkoneksi, bentar lagi gak ada interkoneksi, semuanya data, masing-masing bayar dari yang ngirim hingga nerima, bayar," pungkasnya.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel