Inilah Essential, Ponsel Racikan Bapak Android

Foto: Dok. EssentialFoto: Dok. Essential

Jakarta - Ponsel misterius bikinan Andy Rubin -- sering disebut sebagai Bapak Android -- yang berjulukan Essential karenanya muncul juga ke publik. Seperti apa?

Essential ialah sebuah ponsel berbasis Android yang dibanderol dengan harga USD 699. Dari harga setinggi itu terlihat jikalau Essential akan mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi.

Dari segi tampilan, Essential menerapkan layar edge-to-edge menyerupai yang digunakan oleh Samsung, Xiaomi dan LG pada Galaxy S8, Mi Mix dan G6, meski pada bab bawahnya masih ada bezel yang cukup tebal. Uniknya, layar Essential dibuat mengelilingi kamera depan yang terletak pada bab tengah atas.

Soal spek, layaknya sebuah ponsel flagship Essential dilengkapi dengan Snapdragon 835, RAM 4 GB dan storage 128 GB. Melihat gaya desainnya yang minimalis, kemungkinan besar juga OS-nya akan tampil polosan tanpa tambahan software yang memperberat performanya.

Saking polosnya, tak ada logo atau pun goresan pena apa pun pada bodi Essential, tak menyerupai Apple, Samsung dan lainnya. Bodinya terbuat dari kombinasi titanium dan keramik, yang membuatnya mampu tahan dari drop test, tak menyerupai ponsel lain yang berbahan aluminum.

Namun Essential tak sekadar ponsel flagship. Pasalnya perusahaan milik Rubin itu sudah berencana untuk membuat sebuah ekosistem aksesoris untuk Essential, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (30/5/2017).

Sistem aksesorisnya mampu dibilang menyerupai MotoMod milik Motorola, yang menggunakan konektor magnet, namun memanfaatkan transfer data secara nirkabel. Untuk dikala ini gres ada aksesoris kamera 360 derajat yang terhubung pada bab atas ponsel, juga sebuah docking untuk mengisi baterai, meski hal itu mampu dilakukan juga melalui port USB-C.

Soal kamera, Essential menggunakan sistem dua kamera menyerupai Huawei P9 dan P10. Yaitu dua buah kamera 13 megapixel untuk menangkap gambar berwarna dan gambar monokrom. Sensor monokromnya sendiri diklaim mampu menangkap lebih banyak cahaya dibanding kamera biasa. Lalu ada kamera depan 8 megapixel yang mampu merekam video 4K.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel