Salip Fitbit, Apple Jadi Raja Pasar Wearable

Foto: ReutersFoto: Reuters

Jakarta - Singgasana raja pasar wearable sudah tidak ditempai oleh Fitbit. Kini tahta tersebut pindah ke Apple.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat itu memang tidak mengungkap data penjualan Apple Watch. Tapi perusahaan analis pasar Strategic Analytics punya data berapa banyak jam berilmu besutan Apple itu terjual di pasaran.

Jadi selama kuartal pertama 2017, pengapalan jam berilmu ke seluruh dunia mengalami peningkatan. Bila Q1 2016 hanya 18,2 juta unit, pada Q1 2017 mencapai 22 juta unit. Alhasil kenaikannya mencapai 21%.

Apple sendiri bisa memasarkan 3,5 juta unit jam pintarnya, meningkat dari 2,2 juta di Q1 2016. Kondisi ini membuat perusahaan yang dikomandoi Tim Cook itu menguasai 15,9% market.

Keberhasilan ini, menurut analis, lantaran tampilan gres Apple Watch 2 dan taktik pemasaran yang intensive.

Salip Fitbit, Apple Makara Raja Pasar Wearable


Sementara Apple mengalami peningkatan signifikan, lain dongeng dengan Fitbit. Seperti dilansir dari 9to5Mac, Jumat (5/5/2017), mereka mengalami penurunan cukup drastis.

Tercatat sepanjang kuartal pertama tahun ini, mereka hanya berhasil mengapalkan 2,9 juta unit perangkat wearable. Padahal tahun lalu, mereka berhasil mengirimkan 4,5 juta unit.

Akibat penurunan ini, Fitbit harus puas di posisi ketiga pasar wearable dunia. Lantas siapa yang berada di posisi kedua?

Xiaomi yang menempati dengan market share 15,5%. Perusahaan besutan Lei Jun itu berhasil mengapalkan 3,4 juta unit wearable. Sedikit turun dari tahun lalu, di mana Xiaomi bisa mengirimkan 3,8 juta unit wearable device ke seluruh dunia.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel