Foxconn Bikin Pabrik Ponsel di Batam

Foto: Getty ImagesFoto: Getty Images

Jakarta - Rencana Foxconn untuk berinvestasi di Indonesia telah terwujud. Kini rencana tersebut sudah terealisasi dengan adanya pabrik perakitan ponsel di Batam.

Tapi memang pabrik tersebut skalanya tidak sebesar di China ataupun India. Foxconn membuatnya hanya untuk perakitan ponsel saja. Dalam pengoperasiannya dilakukan oleh PT. Infocus Consumer International (ICI) Global yang merupakan anak usaha Foxconn.

"Kami berinvestasi di Indonesia lewat pabrik ICI di Batam. Saat ini untuk memproduksi ponsel sendiri," ungkap Sukaca Purwokardjono Country Director Foxconn Indonesia ketika ditemui di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Dalam membangun pabriknya di Batam, ICI mengelontorkan investasi sebesar Rp 50 miliar. Mereka pun berkolaborasi dengan PT Satnusa Persada yang dikenal sebagai manufaktur perakitan smartphone Asus dan Xiaomi.

Pabrik ICI di Batam direncanakan untuk merakit ponsel Sharp yang akan dipasarkan di Tanah Air. Sharp sendiri telah menjadi bab Foxconn setelah diakusisi pada Maret tahun lalu senilai Rp 46,5 triliun.

"Saat ini untuk kebutuhan di Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk menyuplai negara tetangga, kan erat dari Batam," pungkas Sukaca.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel