Xiaomi Salip Apple Jadi Raja Smartwatch

xiaomi amazfit. Foto: Istimewaxiaomi amazfit. Foto: Istimewa

Jakarta - Dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2017, Apple mengklaim jam pintarnya menjadi nomor satu di dunia. Tapi kenyataannya mereka dikalahkan Xiaomi.

Dalam laporan kuartal pertama 2017 yang dirilis IDC, Xioami berhasil mengapalkan 3,6 juta perangkat keseluruh dunia. Jumlah tersebut cukup menurun dari kuartal keempat 2016 di mana mereka bisa mengirimkan 5,2 juta perangkat.

Kendati demikian, Xiaomi berhasil mengeser posisi Fitbit sebagai raja wearable device dengan mengusai 14,7% market share. Sebelumnya vendor asal China itu menduduki posisi kedua.

Apple sendiri kini berada di posisi kedua, naik dari peringkat ketiga Q4 2016. Selama kuartal pertama tahun ini, mereka bisa mengapalkan 3,6 juta unit. Alhasil mereka memiliki 14,6% pangsa pasar.

Seperti halnya Xiaomi, Apple pun mengalami penurusan dari kuartal sebelumnya. Padahal sepanjang periode Oktober sampai Desember 2016 lalu, mereka bisa mengirimkan 4,6 juta Apple Watch ke seluruh dunia.

Lantas bagimana nasib Fitbit? Perusahaan yang bermarkas di San Francisco, Amerika Serikat itu melorot dari posisi puncak ke peringkat tiga. Fitbit hanya mengapalkan 3 juta perangkat.

Hasil itu berbalik dibanding kuartal empat 2016 lalu, di mana Fitbit berhasil mengirimkan 6,5 juta wearable ke seluruh dunia. Kondisi ini bikin Fitbit sekarang memiliki market share sebesar 12,3%.

Adapun diposisi keempat diisi Samsung yang berhasil mengapalkan 1,4 juta perangkat dengan market share 5,5%. Sementara di juru kunci lima besar pasar wearable ditempati Garmin dengan market share 4,6% alasannya ialah berhasil mengapalkan 1,1 juta perangkat ke seluruh dunia.


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel