YouTube Luncurkan VR180, Format Baru Video Virtual Reality

Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock

Jakarta - Sejatinya YouTube telah memiliki bantuan terhadap konten virtual reality (VR) lewat fitur video 360, namun layanan mengembangkan video ini kini menawarkan pilihan lain lewat format video bertajuk VR180.

Sesuai namanya, VR180 mampu dibilang yakni versi pemangkasan dari video 360. Maksudnya adalah, bila di video 360 pengguna mampu melihat berputar 360 derajat, maka di VR180 pengguna hanya mampu melihat 180 derajat.

Meski jangkauan lebih rendah dari video 360, YouTube sesumbar jikalau VR180 malah mampu lebih menyenangkan. Pasalnya pembuatan video VR jadi lebih mudah, selain juga format VR terbaru ini dipastikan bakal mendukung platform Google Daydream, Cardboard, dan PlayStation VR.

Pengembangan VR180 dilakukan Youtube bersamaan tim dari Google Daydream. Ke depannya, tim Google Daydream juga berencana menghadirkan kamera khusus VR180. Bahkan Xiaomi Yi, Lenovo, dan LG disebut sudah berkomitmen ikut menghadirkan perangkat kamera VR180.

Lebih lanjut, tim Google Daydream kabarnya juga telah menyiapkan aktivitas sertifikasi VR180, yang menyebabkan produsen Z Cam sebagai partner pertamanya. Demikian menyerupai detikINET kutip dari Tech Viral, Jumat (23/6/2017).

Namun mengingat VR180 yakni standar yang sama sekali baru, YouTube disebut bakal butuh usaha lumayan untuk mempopulerkan format VR ini. Kaprikornus kita nantikan saja perkembangannya.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel