Samsung Kembali Jadi Raja Ponsel Dunia

Peluncuran Galaxy S8 di Jakarta. Foto: Ari SaputraPeluncuran Galaxy S8 di Jakarta. Foto: Ari Saputra

Jakarta - Hadirnya Galaxy S8 memberi dampak nyata bagi Samsung. Larisnya ponsel penerus Galaxy S7 itu membuat vendor asal Korea Selatan ini dapat mempertahankan posisinya sebagai raja ponsel dunia.

Setidaknya itu berdasar data dari lembaga riset pasar berbasis di China, Risingsun. Mereka gres saja merilis data pengapalan ponsel sepanjang kuartal pertama 2017.

Sepanjang triwulan pertama tahun ini, pengiriman ponsel ke seluruh dunia mencapai 351 juta. Angka ini naik dari periode yang sama tahun lalu, di mana kala itu jumlah pengapalan ponsel mencapai 333 juta.

Tapi bila dibanding kuartal keempat tahun 2016, jumlahlahnya menurun. Sepanjang kuartal keempat 2016, pengapalan ponsel tembus 439 juta. Artinya ada penurunan sebanyak 88 juta.

Berkat Galaxy S8, Samsung Makara Raja Ponsel DuniaFoto: Grafis Penjualan Galaxy S8


Berdasarkan brand, Samsung berada di posisi pertama dalam pengiriman ponsel ke seluruh dunia. Meski Galaxy Note 7 memberi imbas cukup besar, berkat Galaxy S8, Samsung kembali bangun dan bisa mengapalkan 80 juta ponsel.

Di posisi kedua ditempati Apple. Perusahaan berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu berhasil mengapalkan iPhone sebanyak 51 juta unit ke seluruh dunia.

Posisi ketiga sampai keenam ditempati oleh vendor asal China. Huawei berada di posisi ketiga dengan pengapalan 35 juta ponsel. Menurut Risingsun bukan P10 pendorongnya, melainkan Mate 9, P9 dan V9.

Berkat Galaxy S8, Samsung Makara Raja Ponsel DuniaFoto: Grafis Penjualan Galaxy S8


Oppo dan Vivo berturut-turut menduduki posisi keempat dan kelima. Mereka berhasil mengapalkan sebanyak 26 juta dan 19 juta unit ponsel ke pasar.

Sebagai juru kunci ada Xiaomi. Perusahaan besutan Lei Jun itu bisa mengirimkan 15 juta ke aneka macam negara, demikian detikINET kutip dari laman Anzhuo, Sabtu (1/7/2017).

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel