Ketika Tunanetra Ikut Mencicipi Android One Xiaomi

Foto: detikINET/YudhiantoFoto: detikINET/Yudhianto

Jakarta - Kehadiran Mi A1 di Indonesia, ponsel Android One keluaran Xiaomi, juga ikut disambut oleh para tunanetra pegiat teknologi.

Tulisan ini pun ditulis eksklusif oleh Ramaditya Adikara, pegiat teknologi dari kalangan tunanetra. Berikut ulasan lengkapnya:

Alasan utama ketertarikan pada Mi A1 yaitu pada pemakaian Android polosan yang dapat mempermudah orang dengan gangguan penglihatan untuk mengoperasikan produk terbaru Xiaomi tersebut.



Hal itu disampaikan member Xiaomi Blind User, sebuah grup WhatsApp yang mewadahi tunanetra pengguna perangkat Xiaomi di Indonesia.

Anggota Xiaomi Blind User boleh dibilang berani, mengingat kebanyakan perangkat Xiaomi masih kurang dekat dikala dipakai pengguna tunanetra.

Namun, demi mendapatkan ponsel murah dengan spesifikasi tinggi, mereka siap mencar ilmu dan membuatkan ilmu untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Untuk diketahui, tunanetra dapat menggunakan perangkat Android dengan dukungan aplikasi pembaca layar berjulukan Talkback. Ia dapat dipasang melalui PlayStore, atau eksklusif diakses lewat Settings > Additional Settings > Accessibility.

Sayangnya, antarmuka MIUI -- atau Android polesan lainnya -- membuat Talkback tak dapat bekerja dengan baik. Contohnya, Talkback cenderung dimatikan oleh sistem sehingga ponsel jadi membisu.

Menu untuk mematikan atau reboot pun tak terbaca. Dan dikala ponsel dinyalakan ulang, Talkback tak otomatis menyala.

Biasanya, pengguna tunanetra terpaksa mengoprek perangkat Xiaomi-nya lalu memasang ROM pihak ketiga menyerupai Lineage OS atau Resurrection Remix semoga ponselnya dapat dipakai secara optimal.

Tapi langkah ini dirasa menyulitkan dan tidak semua tunanetra dapat melakukannya. Dengan dibenamkannya Android polosan pada Mi A1 maka dapat dipastikan Talkback bisa bekerja dengan optimal.

Ketika Tunanetra Ikut Mencicipi Android One XiaomiFoto: detikINET/Yudhianto


Berikut fasilitas yang diperoleh pengguna tunanetra dari Mi A1:

1. Harga Ekonomis, Spesifikasi Bagus

Untuk mendapatkan kenyamanan dan fasilitas dalam mengoperasikan ponsel Android, maka perangkat ideal bagi tunanetra yaitu yang sekelas Google Pixel. Tapi tentu saja harganya cukup tinggi sehingga kurang dekat dengan kantong.

Duet prosesor Qualcomm Snapdragon 625 ditandem RAM 4 GB dan baterai 3.080 MAh yaitu kombinasi yang cukup menggiurkan. Dengan spesifikasi semacam itu, Talkback tidak akan macet dan pengguna tunanetra dapat mengoperasikan Mi A1 dengan lancar.

Selain itu, dibenamkannya dual camera pada Mi A1 akan memudahkan tunanetra memakai aplikasi pengenal benda menyerupai TapTapSee. Aplikasi ini bisa mengenali benda dan uang. Makin rupawan kualitas lensa kameranya, makin akurat TapTapSee dapat bekerja.

2. Tinggal Pakai

Biasanya, pengguna tunanetra dibingungkan oleh versi ROM MIUI pada perangkat Xiaomi. Kalau versi China sudah pasti tidak ada Talkback, dan untuk memasangnya jadi sangat merepotkan.

Jika membeli perangkat garansi biro ROM di dalamnya bukan asli dari Xiaomi, sehingga ketika dijalankan Talkback tak berfungsi dengan semestinya.

Saat mengakses Mi A1, pengguna tunanetra bisa eksklusif minta tolong menghidupkan Talkback yang sudah eksklusif tersedia di dalam ponsel. Tak ada lagi program resah gara-gara perbedaan versi ROM! Mereka pun tak perlu repot flash sana-sini demi mendapatkan ROM yang cocok.

Ketika Tunanetra Ikut Mencicipi Android One XiaomiFoto: detikINET/Yudhianto


3. Semua Tombol dan Menu Bisa Diakses

MIUI dipenuhi tombol dan menu polesan. Akibatnya Talkback tak dapat membacakannya. Tengok saja halaman notifikasi yang penuh tombol, atau menu mematikan ponsel yang formatnya berbeda dengan Android kebanyakan.

Kesulitan lain yang dihadapi tunanetra dikala mengoperasikan MIUI yaitu mengangkat telepon. Meski sudah mengusap dua jari dari bawah ke atas, atau mencari-cari tombol ANSWER dikala ada yang menelepon, mereka sering gagal dan karenanya telepon tidak terangkat.

Pada Android polosan semua menu dan tombol dapat diakses Talkback. Mengangkat telepon pun bukan lagi problem alasannya yaitu tersedia opsi angkat telepon dengan tombol home. Pengguna tunanetra pun dapat mengusap satu jari dari kiri ke kanan bila mau mendapatkan telepon dengan cara biasa.

4. Update Terkini

Seperti halnya pengguna lain yang mendambakan perbaikan lewat update, tunanetra pun demikian. Ketika versi Android "naik kelas" begitu pula tingkat aksesibilitasnya.

Dengan adanya jaminan update eksklusif dari Google, tunanetra dipastikan dapat menikmati perbaikan aksesibilitas pada perangkatnya dengan lebih cepat.

Apalagi tahun ini Mi A1 akan kebagian update Oreo, dan ia yaitu salah satu perangkat yang bakal kebagian jatah paling awal untuk update Android P tahun depan.

5. Kualitas Audio Bagus

Mi A1 mengusung audio enhancement khusus. Hal itu akan terasa dikala pengguna mencolok headphone pada jack audio.

Seperti diketahui, tunanetra sangat peka telinganya dan mendambakan keluaran audio yang rupawan dari sebuah ponsel. Saat penulis -- yang kebetulan juga tunanetra -- menguji pakai perangkat tersebut, keluaran suaranya memang di atas rata-rata ponsel sekelasnya.

Jadi, selain sebagai perangkat komunikasi Mi A1 pun ideal sebagai perangkat multimedia bagi tunanetra.

Harapan Tunanetra Indonesia untuk Xiaomi

Hadirnya Mi A1 membawa angin segar bagi pemakai produk Xiaomi yang tunanetra. Android polosan yaitu lingkungan yang ideal bagi aplikasi bantu yang sering mereka gunakan.

Seperti penulis sudah katakan, lingkungan menyerupai ini harus ditebus dengan harga mahal, tapi melalui Mi A1 Xiaomi berhasil menggelontorkan produk berkualitas yang aksesibel dan tetap terjangkau.

Oleh karenanya, dibutuhkan Xiaomi bersedia meluncurkan produk susulan Mi A1 yang lebih terjangkau lagi, sehingga makin banyak tunanetra yang dapat menggunakannya.

Lalu bagaimana dengan MIUI? Tentu saja pengguna tunanetra tetap ingin menggunakannya. Semoga saja tingkat aksesibilitasnya pun dapat ditingkatkan sehingga semua lini produk Xiaomi dapat menjadi teman bagi pengguna tunanetra khususnya di Indonesia.

Saksikan video 20detik perihal Xiaomi di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton Juga: Kamera Belakang Xiaomi Mi A1 Pakai Lensa Wide dan Tele


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel