Ejek Mahasiswi Bahasa Jepang, Bos Xiaomi Dikecam

Kantor Xiaomi. Foto: detikINET/Muhammad Alif GoenawanKantor Xiaomi. Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan

Beijing - Seorang bos Xiaomi melontarkan candaan tidak pantas pada mahasiswi jurusan bahasa Jepang. Ia pun dikecam keras dan memaksa Xiaomi untuk minta maaf.

Dikutip detikINET dari South China Morning Post, Senin (2/10/2017), Qin Tao, Kepala Departemen Inovasi Xiaomi, berkunjung ke Zhengzhou University dalam rangka perekrutan pegawai. Kunjungan itu berbuntut panjang alasannya ialah Tao dinilai mengucapkan hal tidak patut.

Seorang mahasiswi yang mengambil jurusan bahasa Jepang berkisah melalui media umum Weibo, bahwa lowongan posisi marketing di Xiaomi tak menyebut syarat bidang studi. Nah, Tao menjawab mahasiswa yang mencar ilmu soal Jepang tidak akan diterima.

"Jika kau mengambil jurusan Inggris atau Arab, maka kalian mampu bergabung dengan kami alasannya ialah kami memiliki bisnis luar negeri di negara yang membutuhkan bahasa itu," sebut Tao.

"Jika kau mahasiswa yang mengambil jurusan Jepang, maka kalian mampu pergi sekarang atau saya menyarankan kalian bekerja saja di industri film," tambahnya.

Kuat dugaan film dimaksud mengarah ke pornografi alasannya ialah Jepang lumayan terkenal dengan industri film dewasa. Lin Min, sang mahasiswi dan teman-temannya pribadi meninggalkan kawasan tersebut alasannya ialah merasa tersinggung.

Cerita soal insiden ini pribadi menyebar di dunia maya dan kebanyakan netizen setempat melayangkan kecaman. Tak sedikit yang meminta Tao dipecat saja.

Pihak Xiaomi pun kesudahannya angkat bicara. Mereka mengatakan telah mengenakan sanksi pada Tao dan yang bersangkutan juga telah meminta maaf pada para mahasiswa.

"Kami sangat mengutuk sikap diskriminatif pada negara manapun," sebut Xiaomi. Mereka berjanji kejadian serupa tak akan terulang lagi.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel