Bingung Istilah Leasing, KTA dan Multifinance baca di sini

Sudah menjadi hal yang wajar jika seseorang membutuhkan tambahan dana untuk berbagai keperluan. Tetapi perlu diingat, tambahan dana segar jika dapat dari hutang jangan sampai disiakan hanya untuk kebutuhan yang tidak bisa menghasilkan.
Banyak jasa pinjaman atau kredit untuk berbagai kebutuhan. Misalnya kalau butuh modal ada modal kerja. Butuh rumah bisa ambil KPR, bahkan kendaraan juga hampir semuanya menyediakan kredit, mulai dari motor, mobil biasa, mobil mewah. Semua ada.

Baca
Macam Macam Penjual Pulsa

Dari berbagai penyedia pinjaman ini memiliki berbagai macam, ada yang berasal dari institusi perbankan atau bukan. Mungkin kamu pernah mendengar istilah Leasing, Multi-finance dan KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Multi-finance
Multi-finance adalah jasa talangan untuk berbagai keperluan. Misalkan kamu ingin membeli mobil pada dealer A. Kemudian kamu menggunakan jasa Multi-finance untuk membeli mobil pada dealer A. Selanjutnya kamu membayar dengan cicilan yang sudah disetujui kepada penyedia jasa Multi-finance tersebut. Dan tentunya ada bunga ada administrasi yang harus dilengkapi terlebih dahulu agar permohonanmu terhadap penyedia jasa Multi-finance disetujui.


Multi-finance bisa dibilang Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Bermacam produk yang ada pada Multi-finance ini bisa berupa leasing, factoring, consumer finance bahkan pembiayaan tunai. Dan tentunya setiap produk ini memiliki bermacam macam manfaat.

Leasing
Kalau dikupas leasing berasal dari kata lease atau menyewa. Jadi untuk lebih jelasnya leasing itu sendiri bisa diartikan sebagai jasa sewa-guna-usaha. Leasing ini masuknya sebagai salah satu produk Multi-finance yang tadi sudah dijelaskan sebelumnya. Leasing ini lebih cenderung pada penyediaan barang modal untuk sebuah perusahaan yang dibayar secara berkala.

Leasing sendiri harus lebih dahulu dipahami. Leasing berbeda dengan kredit. Perbedaannya yaitu kalau leasing memiliki opsi untuk memiliki barang pinjaman itu atau tidak di akhir periode sewa. Tetapi dipastikan kalau barang tidak dibayar tuntas maka barang akan kembali pada sang pemberi sewa.

Gambarannya jika kamu membeli motor menggunakan sistem leasing. Maka ini berarti pembayaran motor itu dilakukan oleh perusahaan. Kemudian kamu tinggal membayar pembayaran itu setiap bulan.

Perlu diingat motor tersebut belum sepenuhnya milikmu. Jadi kalau pembayaran macet maka ada kemungkinan barang akan diambil kembali oleh penyedia jasa leasing ini.

Sedangkan untuk KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah produk perbankan. Dimana seseorang bisa mengajukan pinjaman uang tanpa memberikan jaminan. Karena memang tidak memakai sistem jaminan, maka banyak peminatnya. KTA dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan uang segar bagi yang tidak memiliki aset.

KTA biasanya menjadi andalan berbagai banyak bank. Karena syarat administrasi juga termasuk mudah yaitu Kartu Identitas (biasanya KTP) dan surat keterangan penghasilan.

Mau memulai usaha tetapi modal tipis silahkan gabung mendaftar sebagai agen MAXsi Reload. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel