Saat ini, banyak dari kita tak bisa melepaskan diri dari penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya sekedar untuk berkomunikasi, penggunaan smartphone pun saat ini sudah melebar mulai dari bekerja hingga sampai dengan bermain gim. Namun, smartphone pun memiliki kendala dari waktu ke waktu. Salah satu kendala yang kerap muncul adalah layar sentuh (touchscreen) ponsel yang sering kurang responsif terhadap sentuhan atau macet.

Ada banyak sekali masalah pada smartphone, diantaranya adalah layar sentuh tiba tiba error. Banyak sekali penyebabnya, bisa karena hardware, bisa juga kerana software itu sendiri.  Merangkum tips bagaimana cara mengatasi Layar sentuh yang eror seperti dikutip dari laman Joy of Android, Senin (19/9/2016).

Istilah yang populer untuk masalah ini adalah ghost screen atau ghost touch. Artinya tiba tiba layar menjadi ngeblank atau tiba tiba klik sendiri, tanpa terkendali.


Baca Juga
Tips Menghemat Kuota 4G
Tips Sederhana ini Mampu Mengatasi Layar Sentuh yang eror

1. Bebaskan RAM

Salah satu penyebab layar sentuh ponsel menjadi sering 'macet' adalah karena RAM yang sudah terlalu terbebani. Banyak Jumlah aplikasi dan gim (game) yang terlalu banyak atau kapasitas RAM yang kecil bisa jadi salah satu alasan kenapa RAM ponsel harus dibebaskan.

Ingatlah untuk menghapus aplikasi atau gim yang kamu rasa tidak penting dan sudah tidak sering dimainkan lagi. Ada baiknya juga untuk menggunakan salah satu aplikasi task manager untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan dan membebani kerja RAM di dalam ponsel.
[ads-post]

2. Restart Perangkat

Me-restart paling dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan smartphone, bahkan tidak hanya pada perangkat Android saja, di Windows dan iOS pun hal tersebut juga salah satu jurus terakhir untuk mengatasi permasalahan layar sentuh yang macet.

3. Gunakan Kalibrasi

Hal ini khusus ditujukan untuk menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan yang di sediakan oleh developer pembuat perangkat. Berhubung setiap sistem operasi memiliki beberapa langkah tersendiri untuk melakukan kalibrasi, bagi kamu yang sering menggunakan Android bisa menemukan fitur kalibrasi ini di pengaturan smartphone mu.

4. Ganti Launcher

Jangan salah, Launcher itu sangat memakan RAM, jadi pertimbangkanlah untuk mengganti launcher Anda, misalnya dengan memasang Apex Launcher, GO Launcher, atau launcher yang menurut Anda menarik. Dan pastikan launcher sesuai dengan RAM. Karena ada launcher yang diaktifkan malah membuat HP malah menjadi ngeblank maka launcher itu bisa langsung diblacklist untuk smartphone kamu. Karena Berbeda smartphone berbeda pula launcher yang cocok. Ada yang ringan, ada yang berat. Sesuaikan saja ya kawan.

Kalau tips sederhana di atas sudah digunakan, seharusnya layar sentuh anda sudah tidak error. Kalau masih error saja berarti itu adalah hardware, dan solusinya adalah berkunjung di toko online untuk memilih smartphone terbaru. Atau perbaiki di konter sebelah.

Smartphone tiba tiba layar sentuhnya jalan jalan sendiri. Lakukan cara sederhana ini untuk mengatasinya.

Post a Comment

Author Name

{picture#https://1.bp.blogspot.com/-wW8hx8cxeao/WBS7_oQorKI/AAAAAAAAACo/yCMfbQP6gXIRKAi7citgHnkONQbnprlXwCK4B/s113/MAXSI%2BRELOAD.jpg} Server Lintas Nasional Lengkap Murah Aman Cepat & Akurat {facebook#https://www.facebook.com/Maxsi.reload.org/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.