Artikel ini menjelaskan secara spesifik wacana Prosesor terkini yang digunakan pada smartphone , bagaimana kinerja tiap Prosesor dengan jumlah inti Core berbeda? Simak uraian lengkapnya berikut ini :

Apa itu Processor Dualcore Quadcore dan Octacore – Apasih yang dimaksud dengan processor Dualcore , Quadcore dan juga processor Octacore itu sebenarnya? Kita sering membaca ulasan wacana sebuah smartphone terbaru dengan istilah beberapa jenis processor yanag menjadi suplemen komponen utamanya. Namun apakash bersama-sama yang dimaksud dengan istilah-istilah procesor tersebut? , mari kita simak sedikit penjelasan dibawah ini semoga temen-temen yang masih ada pertanyaan wacana apa itu processor Octa core Quad Core atau bahkan Dual core dapat menemukan penjelasan yang masuk budi dan mudah dinalar , maka sebagai berikut penjelasannya.

Istilah processor bersama-sama telah lama dikenal terutama dalam istilah komputer serta laptop , namun sekarang istilah processor juga telah menjadi istilah gres yang ngetrend didalam dunia smartphone. Dan jikalau dilihat susunan komponen sebuah smartphone ketika ini memang sudah tidak ada bedanya dengan sebuah komputer atau laptop , hanya saja ukuran serta fungsinya yang masing-masing ada perbedaan mendasar jikalau sebuah smartphone lebih dikhususkan untuk alat komunikasi mobile , maka laptop atau komputer hingga ketika ini lebih sebagai alat pemproses data atau dikhususkan untuk mempermudah seseorang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang berurusan dengan data digital.

octa core vs dual core dan Quad core

Apa itu quad core octa core dual core

Makara nama-nama komponen didalam sebuah smartphone ketika ini juga memiliki nama yang sama dengan nama komponen di komputer dan laptop , dan hanya saja jikalau pada laptop dan komputer ada komponen yang namanya harddisk maka di sebuah smartphone ada komponen dengan nama memory internel serta memory eternal yang memiliki fungsi sebagai komponen penyimpan data yang dimiliki pengguna sebagaimana fungsi harddisk didalam sebuah komputer atau lapotop.

Bahkan dapat dibilang kemampuan sebuah smartphone ketika ini telah melebihi kemampuan sebuah laptop misalnya fungsi smartphone sebagai sebuah kamera digital serta dapat digunakan sebagai alat navigasi dalam perjalanan karena sebagian besar smartphone ketika ini telah dilengkapidengan sarana GPS.

PERBEDAAN PROCESSOR DENGAN TEKNOLOGI DUALCORE QUADCORE DAN OCTACORE

Processor disebut juga sebagai CPU (Central Processing Unit) , dan dari namanya juga telah dapat ditebak bahwa processor memiliki peranan utama dalam sebuah semartphone sebagai komponen utama yang mengeksekusi segala perintah yang diberikan oleh pengguna lewat aplikasi dan sistem operasi yang terinstal pada sebuah smartphone.

Berbicara wacana perkembangan teknologi prosesor ketika ini memang terus berkembang dan semakin canggih dengan aneka macam kemampuan kerja yang tinggi demi memenuhi kebutuhan pengguna yang juga semakin membutuhkan perangkat smartphone dengan knerja yang cepat. Sehingga parailmuan juga berlomba dalam berbagi teknologi processor sebagai salah satu komponen utama sebuah smartphone ketika ini.

Saat ini sebuah smartphone telah lazim menggunakan processor Dual Core , Quad Core hingga Processor dengan teknologi Octa Core. Lantas apa bedanya antara processor tersebut serta bagusan mana antara processor Octacore dengan Quad Core? Wah galau juga ya , terlebih bagi pengguna smartphone yang memang masih benar-benar belum mengerti wacana perbedaan antara procesor Dual Core , Quad Core dan Octa Core. Namun jangan jangan khawatir bagi yang belum tahu dan gres membaca ulasan ini , maka bagi para pembaca yang penasaran dengan 3 istilah processor tersebut dapat membaca sedikit penjelasan dibawah ini wacana ketiga seri processor smartphone tersebut

APA ITU PROCESSOR DUALCORE QUADCORE DAN OCTACORE

1 . Apa yang dimaksud Dengan Dualcore , Quadcore dan Octacore

Perkembangan teknologi processor dari waktu ke waktu terus berimbang dengan perkembangan perangkat lunak serta kebutuhan masyarakat. Jika pada waktu yang lalu sebuah smartphone masih menggunakan processor dengan core tunggal atau single core karena pada ketika itu kebutuhan pengguna dalam menjalankan aplikasi juga masih masih terbilang tidak telalu banyak. Hingga seterusnya perkembangan aplikasi serta sistem opeasi meningkat dengan pesat maka kebutuhan pengguna smarphone dalam menjalankan aneka macam aplikasi smarphone juga bertabah banyak sehingga beban komponen smartphone terutama processor juga makin berat jikalau tidak mengalami peningkatan kemampuan kerja.

Oleh karena itu pengembang smartphone membuat processor dengan kemampuan lebih tinggi dari sebelumnya dengan penambahan kapasitas kerja hingga muncullah generasi processor dengan inti 2 atau processor dual core , dan disusul dengan pengembangan seterusnya hingga ada processor dengan inti lebih banyak semisal processor Quad Core (4 core) dan juga processor Octa core dengan inti (core) processor sebanyak 8 buah.

Dan dalam sebuah smartphone yang dilengkapi dengan prosesor Quad Core maka sudah barang tentu kecepatan kerjanya sangat tinggi karena selain itu pasti kapasitas RAM serta memory internal penyimpan data juga telah ditingkatkan untuk mengimbangi kemampuan processor Quadcore yang tinggi.

Makara bagi anda yang ketika ini telah memakai smartphone Quad-Core maka kecepatan kerja smartphone anda pastinya sangat mumpuni untuk menjalankan aneka macam aplikasi yang terintsall didalamnya. Dan hal ini kebalikannya bagi yang belum berkesempatan dan masih memakai smartphone lama yang hanya memiliki processor dual core serta dengan kelengkapan RAM yang kecil maka akan sering mengalami loding lambat ketika menjalankan aplikasi yang berat. Dan untuk soal Harga smartphone dengan processor Quad core pastinya terpaut cukup jauh dengan harga smartphone dengan processor dualcore apalagi dengan smarphone yang masih memakai processor single core.

2 . Istilah kecepatan processor dan apa itu GHz

Jika kita membaca sebuah ulasan wacana sebuah smartphone , maka data spesifikasi akan disebutkan wacana Kapasitas RAM , Kapasitas memory internal hingga kemampuan kamera yang dimilikinya , dan terutama yakni kecepatan kerja processor yang dimiliki sebuah smartphone tersebut , misalnya sebuah smartphone memiliki spesifikasi processor Dual-core 1.2 Ghz. Singkatan GHz berasal dari kata GigaHertz , dan untuk mempermudah penyebutan serta penulisan maka ditulis saja dengan GHz.

Processor sebuah smartphone bekerja dengan satuan frekuensi ketika mengolah data dalam kapasitas tententu , maka satuan data yang dipakai yakni gabungan satuan kapasitas Giga digabung dengan satuan frekuensi Hertz. Dan lazimnya procssor sekarang ini memiliki kemampuan kerja sebesar GHz dan jikalau ditulis mencapai angka ribuan. 1 GHz sama dengan 1000 MHz , dan 1 MHz sama dengan 1000 KHz.

Jika pada masa lampau penulis masih sempat menggunakan sebuah komputer dengan processor dengan satuan kerja MHz (Megahertz) , yang artinya masih dalam angka kecepatan ratusan. Sehingga kemampuannya memprose datanya masih sangat mimin dan lambat.

3 . Tentang Apa Itu Aplikasi Single Thread

Aplikasi Single Thread hanya bekerja dengan sistem satu jalur pemroses data saja , sehingga sebuah smartphone dengan processor Dual core atau tidak akan menambah kecepatan kerja pada sebuah aplikasi yang berjalan dengan sistem satu jalur pemroses atau istilahnya aplikasi Single Thread.

Namun sebuah smartphone dengan aplikasi yang dapat berjalan dengan aplikasi multi Thread menyerupai aplikasi game hyang berat dengan grafik yang tinggi serta beberapa aplikasi lainnya menyerupai google chrome yang juga dapat berjalan dengan sistem multi Thread , maka penggunaan rocessor Dual Core atau lebih akan sangat membantu meningkatkan kecepatan kerja sebuah smartphone dalam menjalankan aplikasi yang ada didalamnya.

Itulah ulasan wacana Mengenal Apa itu Prosesor Dual Core , Quad Core , Octa Core Lebih Detail semoga menawarkan pemahaman yang dapat diterima dengan mudah oleh para pembaca semuanya. Sekarang kita lanjutkan mengenal jenis Prosesor yang dipakai pada smartphone.

Mengenal Jenis – Jenis Prosesor

Info Gadget Terbaru – Jika kita menggunakan smartphone , prosesor yang digunakan sangatlah kuat pada kinerja smartphone. Prosesor atau sering disebut dengan CPU (Central Processor Unit) begitu penting karena fungsinya sebagai pengendali utama berjalannya sebuah smartphone. Banyak produsen smartphone menonjolkan prosesor pada smartphone yang telah dirilisnya , biar smartphone keluaranya banyak diminati oleh para pecinta gadget utamanya smartphone. Untuk itu mari kita lihat jenis-jenis prosesor yang digunakan pada sebuah smartphone.

Jenis – Jenis Prosesor Pada Smartphone

Prosesor Snapdragon

Jenis prosesor ini banyak digunakan pada smartphone berkualitas tinggi atau bisa dibilang smartphone kelas atas. Snapdragon merupakan jenis prosesor pabrikan Qualcomm dimana sering kita jumpai pada smartphone Android. Qualcomm hingga ketika ini masih banyak diyakini paling mengagumkan dari hasil prosesor buatannya. Dari jenis prosesor Snapdragon , Qualcomm telah meluncurkan empat seri diantaranya;
Prosesor Snapdragon

Snapdragon Seri 200 , prosesor ini akan membuat dunia Anda selalu berubah karena Snapdragon seri 200 di desain untuk mewujudkan kinerja optimal , mudah diakses guna mendukung mobilitas para pengguna serta optimal dari segi penggunaan daya baterai.

Snapdragon Seri 400 , seri ini di desain untuk fitur pada ponsel cerdas yang populer atau banyak disukai pengguna untuk menerima pengalaman memanfaatkan fitur pada smartphone mereka menyerupai merekam , memutar video HD , audio channel serta kamera beresolusi tinggi.

Snapdragon Seri 600 , prosesor ini memiliki keunggulan dari prosesor selluler lain dari segi kinerja per watt , dalam kinerja menyerupai konektifitas 4G LTE dan Video HD.

Snapdragon Seri 800 , prosesor seri 800 ini mempunyai kinerja lompatan ke depan serta efisien daya lebih menyerupai konektifitas 4G LTE serta video Ultra HD.

Prosesor Exynos

Prosesor jenis Exynos dikembangkan oleh prusahaan produsen ponsel besar samsung electronics. Prosesor exynos memiliki basis System on a Chip (SoC) yang dirancang khusus untuk perangkat smartphone dan tablet. Prosesor exynos pertama yang dibangun oleh Samsung yakni Exynos 3110 , sebelumnya dikenal Hummingbird atau S5PC110. Setelah meluncurkan prosesor pertamanya kemudian Samsung meluncurkan kembali prosesor Exynos 4212. Prosesor Exynos dirancang menggunakan CPU ARM Cortex A9 dual core dengan kecepatan 1.2GHz up to 1.5GHz.

Prosesor Exynos

Prosesor jenis Exynos juga dilengkapi oleh GPU ARM Mali-400 MP4 yang mempunyai kelebihan pada bidang game 3D serta multitasking. Berikut seri-seri prosesor dari Exynos.

Exynos 3 Single (Exynos 3110) , prosesor Exynos 3110 pertama kali muncul mengiringi smartphone Samsung Galaxy S , 2010 lalu. Exynos 3110 dibarengi fitur lain yakni; CPU Intruction Set ARMv7 32-bit dengan CPU Single-core 1.0 GHz – 1.2 GHz Cortex-A8 , GPU PowerVR SGX540.
Exynos 4 Dual (Exynos 4210) , prosesor Exynos 4210 rilis pada 2011 lalu dan memiliki fitur ARMv7 , CPU dual-core 1.2 GHz – 1.4 GHz cortex-A9 , serta GPU Mali-400.

Exynos 4 Quad ( Exynos 4412 dan Exynos 4412 Prime) , seri Exynos 4412 memiliki fitur ARMv7 , CPU Quad-core 1.4 GHz cortex-A9 , serta GPU mali-400MP4. Sedangkan untuk seri Exynos 4412 Prime didukung fitur ARMv7 , CPU quad-core 1.6 GHz cortex-A9 , serta GPU mali-400 MP4.
Exynos 5 Dual (Exynos 5250) , prosesor seri ini telah didukung fitur ARMv7 , Dual-core 1.7 GHz cortex-A15 , serta GPU Mali-T640.

Exynos 5 Hexa (Exynos 5260) , prosesor ini menggunakan 6 ini CPU yang dibagi menjadi dua bab yaitu CPU dual-core 1.7 GHz cortex-A15 dan Quad-Core 1.3 GHz cortex-A7. Prosesor Exynos 5260 telah didukung oleh fitur GPU Mali-T624 serta memori LDDR3 (12.8GB/s).

Exynos 5 Octa (Exynos 5410 , Exynos 5420 , Exynos 5442). Posesor Exynos 5410 terdiri dua bab CPU yakni CPU CPU Quad-Core 1.6 GHz cortex-A15 dan Quad-Core 1.2 GHz cortex A7 yang keduanya didukung fitur GPU PowerVR SGX544MP3. Untuk Exynos 5420 , prosesor jenis ini memiliki pertolongan fitur berupa CPU quad-core 1.8 GHz – 1.9 GHz cortex-A15 dan quad-core 1.3 GHz cortex-A7 serta GPU dari Mali-T628MP6. Sedangkan untuk Exynos 5442 didukung fitur quad-core 2.1 GHz cortex-A15 dan quad-core 1.5 cortex-A7 dan GPU Mali-T628MP6
OMAP

Jenis prosesor OMAP merupakan hasil produksi dari Texas Instrument , jenis prosesor ini sering digunakan  oleh smartphone yang memiliki kinerja handal menyerupai samsung galaxy nexus , huawei ascend P1 S serta tablet archos. Kelebihan yang dimiliki prosesor OMAP diantaranya proses tampilan situs pada intrernet menyerupai website pada PC. User interface lebih cepat ssrta penggunaan daya sedikit. Kamera utama dan kamera depan yang dimiliki lebih besar serta bisa menampilkan video full HD.

Prosesor OMAP

Generasi Prosesor OMAP ini semakin hari semakin baik , sekarang Prosesor ini sudah masuk ke generasi 5 yang sebelumnya diawali dengan:
  • OMAP 3 : Kecepatan 1 GHz ARM Cortex A8 , menggunakan GPU POWERVR™ SGX 2D/3D , Kamera 12 MP
  • OMAP 4 : Akselerasi kecepatan 1.5 GHz Dual Core Cortex A9 , GPU POWERVR™ SGX54x , Kamera 20 MP
  • OMAP 5 : Kecepatan 1.7 GHz Dual Core Cortex A15 , GPU POWERVR™ SGX544-MPx serta menggunakan Kamera bereoslusi 24 MP

Prosesor Tegra

Jenis prosesor berikutnya yakni prosesor Tegra. Prosesor jenis Tegra merupakan produk dari nvidia. Jenis prosesor ini sempat menggemparkan dunia gadget karena ketika produsen lain sedang memproduksi prosesor dual core , Nvidia tengah merilis Tegra 3 dengan prosesor Quad Core , dengan kemampuan dan kinerja handal yang dimiliki. Kelebihan prosesor jenis Tegra dapat menampilkan gambar berkualitas tinggi namun konsumsi energi rendah selain itu jenis prosesor ini mengijinkan Anda untuk menampilkan video dengan resolusi hingga 2560×1600 pixels. Jenis prosesor Tegra sudah banyak digunakan pada tablet diantaranya Lenovo IdeaPad K2 , Acer Iconia Tab A700 serta Asus Eee Pad Transformer Prime.

Prosesor Tegra

Saat ini seri tercepat prosesor tegra yakni Tegra K1 yang telah dilengkapi grafis hingga mencapai 192 inti berasal dari arsitektur GPU Kepler. Fitur Tegra K1 ini memiliki fitur  inti 4-Plus-1 ARM Cortex A15 , API menyerupai OpenGL ES 3.0 , OpenGL 4.4 , DirectX 11 dan CUDA 6.0. Prosesor Tegra seri K1 sukses dirilis setelah adanya pembaruan dari seri-seri sebelumnya yang berawal dari seri Tegra APX 2500 , Tegra APX 2600 , Tegra 600 , Tegra 650 , Tegra 2 , Tegra 3 , Tegra 3Tegra 4 serta Tegra 4i.

Prosesor PXA

Prosesor jenis PXA memang jarang dipakai namun jenis prosesor ini juga sudah digunakan oleh smartphone android. Prosesor jenis PXA merupakan prosesor pabrikan dari marvell. Kelebihan yang dimiliki prosesor PXA yakni tekhnologi berfungsi untuk kinerja smartphone serta tablet , dapat meminimumkan daya yang dipakai.

Prosesor PXA
Prosesor Media Tek

Mediatek merupakan jenis prosesor yang juga banyak digunakan pada smartphone. Dulu jenis prosesor ini sering dikenal hanya pada vendor-vendor smartphone kecil , namun sekarang vendor besar menyerupai Sony juga akan menggunakan jenis prosesor Media Tek. Prosesor Media Tek merupakan prosesor pabrikan Media Tek atau sering dikenal dengan sebutan MTK. Berikut beberapa seri prosesor Media Tek;
  • Media Tek MT6572 yang diperkuat oleh fitur ARMv7 dual-core up to 1.3 GHz cortex-A7 , LDDR2 dan GPU Mali-400MP1.
  • Media Tex MT6589 , prosesor seri ini memiliki fitur ARMv7 quad-core up to 1.2 GHz , LDDR dan GPU PowerVR SGX544MP.
  • Media Tex MT6589T dengan fitur ARMv7 quad-core up to 1.5 GHz cortex-A7 , LDDR1/LDDR2 dan GPU PowerVR SGX544MP.
  • Media Tex MT6582 fitur-fitur pendukung prosesor ini yakni ARMv7 quad-core Up to 1.3 GHz cortex-A7 , LDDR2/LDDR3 serta GPU Mali-400MP2 (500MHz).
  • Media Tex MT6592 , fitur; ARMv7 Octa-core up to 2.0 GHz cortex-A7 , GPU Mali-450MP4 (700MHz) , LDDR2 (533MHz) dan LDDR3.
  • Media Tex MT6732 , fitur; ARMv8 64-bit quad-core 1.5 GHz cortex A-53 , LDDR2 or LDDR3 , GPU Mali-T760.
  • Media Tex MT6572 , fitur; ARMv8 64-bit octa-core 2.0 GHz cortex-A53 , LDDR2 or LDDR3 , GPU Mali-T760.
  • Saat ini jenis terbaru dari prosesor Media Tek MT6735. SoC (System-on-Chip) memiliki kemampuan hingga 64-bit t. SoC tersebut telah didukung prosesor quad-core serta GPU dari ARM , didukung oleh chip modem 4G LTE.

Prosesor MidiaTek
English Version:

For many users , processor’s cores encourage them to buy a particular smartphone. The more a phone’s processor has cores , the more it is worth buying. All an average tech-savvy user understands is that a phone with dual-core processor is better than one with single-core processor; quad-core is better than dual-core , and if it is octa-core , consider it is like icing on the cake.

Is that really true? Let us come across some general explanations about single , dual , quad and octa core processors.

What is core in a processor?
Danny Stieben on Makeuseof.com (What Is A Processor Core? [MakeUseOf Explains]) explains that the core in processor is in fact a processing unit that stands for reading instructions to perform specific actions. So whatever action you want to perform on your mobile device , it is executed by the core , and if there are more cores than one , which are actually processing units , than you can perform all your actions quickly and at the same time.

Single Core Processor
Now we try to understand single core processor. A single core processor or CPU uses one core inside the processor. Here are some advantages and disadvantages of a single core CPU.

Advantages:

Single core processor consumes less power in comparison of dual or other multiple-core processors. However consuming less or more power does not affect a mobile but , it of course affects the battery. With more cores , it is found that battery drains quickly.

Because single-core processor consumes less power , the entire system being run by it remains cooler.
A single core processor is still good for most of applications because many of them aren’t built for multiple core processor. Tasks like checking mail , surfing net , downloading data , etc can still be handled by single-core processor.

Disadvantages

It’s comparatively a slow processor. It doesn’t have much computing power to handle large operations.

It cannot also handle multiple operations at a time.
Because modern apps require a lot of processing power , a single-core processor operating them can get frozen. It simply means that the entire system can become unresponsive.
The Dual-Core Processors

A dual core CPU has two cores to executive operations. These core are fitted in single circuit to behave a single unit; however , they have their own controllers and caches which allow them to work faster than single core processor.

Advantages

A dual core processor executes all the tasks much faster. It is perfect to run multiple processors at one time. If a single core processor is assigned with two difference things , it cannot do them both simultaneously. It switches to all tasks one by one but a multiple core processor can do both operations at the same time.

Having a dual core processor means you have power of two computers in one. But a dual core processor is much cheaper than buying two computers and than combining them to build a dual-processor unit.
Disadvantages

There are fewer operations which require power of dual core processors. In this ways a lot of power is wasted which of course quickly drains the battery. A mobile devices being used for general purpose computing such as checking email , surfing internet , typing docs , and sharing data , does not actually require power of dual core processor.

Many mobile app developers do not programmer their apps to run with dual or other multiple-core processors and that’s why their apps turn out to be incompatible with mobiles which are still running on dual or multiple-core processors.

The Quad-Core and other multiple core CPUs
In simple term , a quad core processor have four processors and same is case with an octa-core processor. These cores may be either on same integrated circuit on the same chip package. Here are their advantage and disadvantages

Advantages

Multitasking is the major advantages of quad or octa core processor. More cores provide more capacity to mobile performing many tasks in the single instance.
Quad or other multi-core processors are helpful in running such apps which are rather intensive and require a lot of resources. Such apps include video editors , antiviruses , graphics programs , etc.

New quad processors consumes less power and general less heat. That’s why they are much efficient.
Moore’s Law says that a computer is obsolete in 2 years. Quad or octa-core is actually way ahead of current mobile application development technology because not all the developer are able to jadwal apps running on quad core processors. Many programmers are still written for dual or single core processors.

Disadvantages

A mobile with quad or octa core processors have been tested to drain battery rather faster.
Mobile developers need to jadwal their apps to take the full advantage of quad or octa-core processors.

Demikian postingan mengenai Mengenal Apa itu Prosesor Dual Core , Quad Core , Octa Core Lebih Detail , semoga bermanfaat dan Terima kasih telah berkunjung ke ErraDigital.
Label:

Post a Comment

Author Name

{picture#https://1.bp.blogspot.com/-wW8hx8cxeao/WBS7_oQorKI/AAAAAAAAACo/yCMfbQP6gXIRKAi7citgHnkONQbnprlXwCK4B/s113/MAXSI%2BRELOAD.jpg} Server Lintas Nasional Lengkap Murah Aman Cepat & Akurat {facebook#https://www.facebook.com/Maxsi.reload.org/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.