Jualan Ponsel Xiaomi, Pria Ini Raup Rp 91,2 Triliun!

Lei Jun. Foto: dok. XiaomiLei Jun. Foto: dok. Xiaomi

Jakarta - Lei Jun datang ke Jakarta, menegaskan pentingnya pasar Indonesia bagi Xiaomi. Ya, sosok berusia 47 tahun itu yaitu pendiri sekaligus CEO Xiaomi.

Kesuksesan Xiaomi membuat Lei menjadi salah satu orang paling kaya di China. Menurut estimasi Forbes, harta Lei di kisaran USD 6,8 miliar atau sekitar Rp 91,2 triliun. Seperti apa dongeng hidupnya?

Gemar Teknologi

Lei Jun lahir di Xiantao, sebuah kota kecil di provinsi Hubei, China bab tengah. Kawasan itu lebih dikenal sebagai pembibitan pesenam Olimpiade ketimbang teknokrat. Namun, Lei Jun tak tertarik untuk mengikuti jejak kebanyakan cowok di lingkungan kawasan tinggalnya.

Sedari kecil memang Lei Jun lebih tertarik terhadap produk teknologi dan menyerupai banyak warga China lainnya, juga gemar berdagang. Dia sudah coba mendirikan perusahaan dikala menempuh masa final kliah di Wuhan University.

Di tahun 1992, Lei bergabung di perusahaan software di Kingsoft. Karirnya melesat dan menjadi CEO Kingsoft pada tahun 1998. Tahun 2007, ia memutuskan berhenti setelah sukses membuat Kingsoft berjaya.

Setelahnya, beberapa kali beliau membangun start-up, salah satunya Joyo.cn di awal booming internet di negeri Tirai Bambu. Kesuksesan Joyo.cn memicu Amazon membelinya dalam rangka melebarkan ekspansi di negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia itu.

Lei banyak menanamkan uangnya ke startup China. Lebih dari 20 perusahaan pernah mendapat kucuran dananya. Tahun 2008, beliau pernah menjabat Chairman di UCWeb.

Kelahiran Xiaomi

Pada April 2010, Lei memutuskan mendirikan perusahaan smartphone yang dinamakan Xiaomi bersama beberapa rekannya. Awalnya Xiaomi yaitu perusahaan software yang membuat custom ROM gres berbasis sistem operasi Android.

Pada tahap pertama pendanaannya, beberapa investor menanam modal termasuk Temasek dari Singapura dan perusahaan prosesor Qualcomm. Makara semenjak awal berdirinya, Xiaomi sudah punya pendukung yang kuat.
Jualan Ponsel Xiaomi, Pria Ini Raup Rp 91,2 Triliun!Foto: dok. Xiaomi

Tujuan awal perusahaan yaitu menyediakan fungsionalitas aksesori yang belum ditawarkan di Android biasa serta user interface yang mudah digunakan. MIUI, ROM yang mereka ciptakan, sukses besar dan di-port ke banyak sekali perangkat.

Pada tahun 2011, Xiaomi memutuskan masuk ke pasar ponsel, tidak hanya sebatas membuat software saja. Produk pertamanya dinamakan sebagai Mi One, ponsel spek tinggi di masanya tapi dibanderol miring. Xiaomi rupanya sudah konsisten dengan formula tersebut semenjak awal.

Xiaomi pun cepat berkembang di industri ponsel. Pada tahun 2013, mereka sudah menghasilkan pendapatan USD 5 miliar, sebuah prestasi impresif untuk perusahaan ponsel yang terhitung gres berdiri.

Vendor ponsel asal Negeri Tirai Bambu ini kemudian mendapat julukan 'Applenya' China. Sebutan itu diberikan lantaran perusahaan yang gres dibangun pada tahun 2010 itu memiliki basis pengguna loyal sepertinya halnya fanboy Apple.

Termasuk gaya sang Lei yang dikala melaksanakan presentasi pribadi mengingatkan kita kepada sosok Steve Jobs yang melegenda di Apple. Lengkap dengan pakaian atasan hitam, celana jeans, dan sepatu sneakersnya.

Lei memang mengaku sangat terinspirasi oleh Jobs. "Jobs yaitu tuhan yang kita sembah, saya tidak mampu membayangkan akan menyerupai apa Apple tanpa dia," ungkapnya suatu ketika.

Begitulah, Xiaomi sekarang termasuk perusahaan ponsel terbesar di dunia meski belum lama ini pernah mengalami masa surut alasannya yaitu derasnya persaingan. Dan Lei pun kaya raya, koceknya menggembung seiring keberhasilan Xiaomi.

Ini video dikala CEO Xiaomi bertandang ke Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com
Disqus Comments
Kelebihan MAXSI RELOAD

TRX via SMS, Jabber, Telegram, dan Via Aplikasi Android. Pengisisan pulsa dan produk lainya bsa melalui, SMS all operator, Jabber, & Telegram.
Hp Andorid bisa menggunakan Aplikasi Trx Ku di Play Store.
Dengan aplikasi “TRX KU” Transaksi jadi lebih mudah murah cepat dan hemat karena tidak memakan biaya SMS, koneksi dengan internet jadi tidak terganggu pending seperti via sms.

Bisa Di Downlinekan

Bisa Markup harga per produk suksa-suka, komisi tanpa batasan, tapi d sarankan markup 100 200 saja. sedikit tapi pasti, drpada banyak tapi tidak bertahan lama.

Ada webreport

Untuk melihat detil transaksi dan update harga secara realtime, trx via web, rekapan transaksi, Lihat History Transaksi Downline dll, dengan nama domain yg bersifat general MASTER FRIENDLY

Deposit Otomatis Via bank BCA BRI MANDIRI dan BNI

Pengsian saldo Otomatis tanpa konfirmasi. transfer sesui tiket, maka akan otomatis masuk jadi saldo, standby 24 jam mengikuti jadwal online bank.

Copyright © 2017 MAXsi Reload